Monday, February 19, 2018

NAMA NAMA ISTILAH DALAM OLAHRAGA 3# ( BOLA VOLLY )

ASSALAMMUALAIKUM

halo semua, kembali lagi dengan saya. okdalam pembahasan saya kali ini, saya akan membahas tentang nama nama istilah dalam olahraga. sebagian orang pasti sudah tau dari nama nama istilah olahraga. tapi tidak semuanya kan??? ok langsung aja kita bahas sampai tuntas

dalam berolahraga, kita harus mengetahui nama nama istilah dalam olahraga. mari!!!




ISTILAH-ISTILAH PADA BOLA VOLLY
1.a Setter
Setter adalah pemain yang dispesialisasikan untuk mengatur bentuk penyerangan. Bola kedua setelah pass akan di set oleh setter, kemudian ia akan menempatkan bola di udara agar dapat di spike oleh attacker. Dengan demikian, setter dan attacker harus mampu menciptakan kerjasama dengan baik. Setter harus memiliki kualitas yang bagus dalam menyesuaikan arah dan tinggi bola yang akan di spike. Selain itu, setter haruslah seorang pemain yang lincah dan mampu bergerak dengan cepat di area permainan.

2. Libero
Jika kita memperhatikan sebuah pertandingan bola voli, maka pada setiap tim kita akan melihat seorang pemain yang menggunakan seragam yang berbeda dengan semua pemain di timnya. Pemain dengan seragam yang berbeda itulah yang disebut dengan libero. Dalam bahasa Italia, libero mempunyai arti “bebas”. Sesuai dengan nama tersebut, maka libero adalah pemain yang dapat secara bebas mengambil alih peran pemain yang lain. Namun, dalam sebuah pertandingan, libero tidak boleh memiliki dua posisi atau berganti posisi. Seorang pemain yang telah diposisikan sebagai libero, tidak boleh berganti posisi menjadi spiker atau yang lain dalam sebuah pertandingan. Meskipun ia dapat mengambil alih peran pemain-pemain yang lain, namun posisinya adalah tetap sebagai seorang libero sampai pertandingan berakhir. Pada dasarnya, libero bertugas untuk menerima serangan-serangan (spikes) yang dilakukan oleh attacker tim lawan. Berdasarkan fungsi utama tersebut, maka seorang libero tidak harus memiliki postur tubuh yang tinggi seperti pemain yang lain. Hal ini karena seorang libero tidak bermain di area yang dekat dengan net. Yang paling ditekankan bagi seorang libero adalah kualitas pass yang baik, memiliki kecepatan gerak yang tinggi, dan tentu saja harus memiliki stamina yang baik.

3. Blocker tengah (Middle Bolcker) atau spiker tengah (Middle Hitter)
Middle blocker adalah pemain yang pada dasarnya bertugas menahan serangan attacker dari tim lawan. Namun, Middle blocker ini juga dapat bertugas sebagai seorang spiker. Biasanya, Middle blocker ini melakukan spike berupa quick hit.

4. Spiker luar (Outside hitter)
Outside hitter adalah seorang attacker yang melakukan spike dari sisi kiri lapangan. Disebut “Outside hitter”, karena ketika hendak melakukan spike, pemain ini biasanya selalu mengambil awalan dari luar garis samping lapangan.

5. Spiker Kanan (Right Side Hitter)
Right spike hitter adalah lawan dari Outside hitter. Pemain ini menempati posisi yang berlawanan dengan Outside hitter, yaitu di sebelah kanan. Spike-pun dilakukan dari sebelah kanan. Biasanya, Right side hitter adalah salah seorang pemain yang paling banyak melakukan spike dalam sebuah pertandingan bola voli dibandingkan dengan pemain-pemain yang lain.


<head>

<script async src = "// pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> </ script>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []). push ({
          google_ad_client: "ca-pub-1731700723459413",
          enable_page_level_ads: true
     });
</ script>

Istilah-istilah dalam permainan Bola Volly

1. Serve: ialah istilah atau bahasa yang digunakan pada waktu pukulan pertama.

2. Out-Ball: adalah istilah atau bahasa yang digunakan jika bola voli keluar dari batas lapangan.

3. Over-Ball: adalah istilah atau bahasa yang digunakan ketika bola pindah kepihak lawan, maksudnya giliran pihak versus atau kita yang melakukan servis.

4. Block: Yang dimaksud dengan block di sini ialah istilah atau bahasa yang digunakan buat membendung atau menghalang pukulan smash dari lawan.

5. Change of Court: adalah istilah pada waktu pertukaran tempat.

6. Change of position: Ialah istilah pada waktu pertukaran pemain dan setelah terjadi pukulan servis.

7. Cover Close: Adalah istilah yang digunakan buat menutup daerah sendiri dengan rapat, biasanya sebab adanya agresi versus yang bertubi-tubi.

8. Cover for Attact atau Cover for deverence: Adalah istilah buat menutup daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.

9. Deciding game: Adalah istilah yang dipakai pada waktu pertandingan penentuan.

10. Deciding set: Adalah istilah yang dipakai pada waktu akhir pertandingan yang menentukan, biasanya pada akhir penentuan.

11. Double Fault: Adalah istilah yang dipakai sebab adanya kesalahan bersama.

12. Double hit: Adalah istilah yang digunakan buat pukulan ganda yang dilakukan oleh salah seorang pemain.

13. Driving Service: Adalah istilah yang diberikan kepada bola servis yang bergerak melengkung dengan keras berada tepat diposisi atas net.

14. Dum Play:: Adalah istilah buat bola tipuan pen-smash yang dipukul pelan.

15. Floating Servise: Adalah istilah yang digunakan pada pukulan servis dengan arah yang bergelombang.

Istilah dalam Olahraga Bola Voli

1. Serve ialah istilah atau bahasa nan digunakan pada waktu pukulan pertama.

2. Out-Ball adalah istilah atau bahasa nan digunakan jika bola voli keluar dari batas lapangan.

3. Over-Ball adalah istilah atau bahasa nan digunakan ketika bola pindah kepihak lawan, maksudnya giliran pihak versus atau kita nan melakukan servis.

4. Block , nan dimaksud dengan block di sini ialah istilah atau bahasa nan digunakan buat membendung atau menghalang pukulan smash dari lawan.

5. Change of Court adalah istilah pada waktu pertukaran tempat.

6. Change of position ialah istilah pada waktu pertukaran pemain dan setelah terjadi pukulan servis.

7. Cover Close ialah istilah nan digunakan buat menutup daerah sendiri dengan rapat, biasanya sebab adanya agresi versus nan bertubi-tubi.

8. Cover for Attact atau Cover for deverence ialah istilah buat menutup daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.

9. Deciding game ialah istilah nan dipakai pada waktu pertandingan penentuan.

10. Deciding set adalah istilah nan dipakai pada waktu akhir pertandingan nan menentukan, biasanya pada akhir penentuan.

11. Double Fault ialah istilah nan dipakai sebab adanya kesalahan bersama.

12. Double hit ialah istilah nan digunakan buat pukulan ganda nan dilakukan oleh salah seorang pemain.

13. Driving Service ialah istilah nan diberikan kepada bola servis nan bergerak melengkung dengan keras berada tepat diposisi atas net.

14. Dum Play ialah istilah buat bola tipuan pen-smas h nan dipukul pelan.

15. Floating Servise ialah istilah nan digunakan pada pukulan servis dengan arah nan bergelombang.


Istilah dalam Olahraga Bola Voli

1. Wa. Sit[n]: seseorang yang penentu; pemimpin (dl pertandingan sepak bola, bola voli), dsb.

2. Tos. ser : seseorang yang memukul bolah menggunakan tangan untuk dapat ke tempat lawan. Untuk 
melempar dengan gerakan cepat, cahaya, atau ceroboh atau dengan sentakan tiba-tiba sebuahbola muntah di udara suatu.

3. Passing: cara mengambil bola menggunakan tangan atau kaki atau cara memasing bola ke pengumpan untuk dapat upan dengan baik, agar bisa lompat dan memukul bolanya arring lawan.

4. Sreep : tindakan yang di lakukan oleh seseorang menggunakan tangan memukul bolah dari luar garis ke tempat lawan untuk dapat bermain.

5. Penghitung skor: seseorang yang menghitung jumlah skor dalam pertandingan bola volley dari awal sampai akhir pertandingan.

6. Skor: jumlah angka atau jumlah skor dalam pertandingan.

7. Hakim garis: seseorang yang berjaga di samping kiri – kanan lapangan bola arrin agar bola tidak keluar dari jahu dari lapangan.

8. Standar minimal nilai: jumlah angka yang dapat diperoleh untuk geme atau arring yaitu 25 rely geme

9. Umpan : seseorangyang mengumpan bola kedekat net untuk dibidik oleh teman atau rekan nya ke tempat lawan.

10. Geme: akhir dalam pertandingan bola voli.

11. Set: putaran kedua atau ketiga dalam pemain bola voli atau juga pertukaran lapanagn.

12. Blocking : Dengan daya upaya di dekat arring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.

13. Net. Suatu alat pembatas dalam permainan bola voli.

14. Peluit: alat untuk menanda apabilah dalam permainannya sala, atau berakhir.

15. Cadangan: sekelompok orang yang siap menggantikan apabila dalam permainannya kurang baik, atau arri


Istilah dalam Olahraga Bola Voli

1. Service atas: adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.

2. Service bawah : Adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukulbola beriap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.

3. Service mengapung: Adalah service atas dengan awalan dan cara memukulyang arrin sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi ( tidak terlalu tinggi dari kepala ). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.

4. Passing Bawah: ( Pukulan/penganmbilan tangan kebawah ) Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.

5. Passing Keatas : ( Pukulan/penganmbilan tangan keatas ) Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan

6. Smash (spike): Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas arring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan arrin-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.

7. Defender: adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.

8. Libero: olah raga pemain penjelajah dalam permainan bola voli

9. spiker (smash): Untuk drive (sebagai bola voli) tajam ke bawah dengan pukulan keras, juga: untuk melempar tajam 

10. time out: waktu untuk diskusi/ apabila satu timnya, perolehan nilainya kurang dan dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit.

11. servis tangan bawah : tindakan seseorang memukul bola dari luar garis mula –mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan.

12. tennis servis: Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah

13. cekis : Sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat

14. Awalan service mengapung: tindakan seseorang melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.

15. Grup: rombongan; golongan; kelompok (dalam permainan bola voli akan bermain dua kelompok lawan)




Baca Juga Istilah Istilah Olahraga lainnya 
TERIMA KASIH
DAN 
SAMPAI JUMPA
SALAM

---AGHIL---

7 comments:

  1. Salam untuk kalian para member setia S1288poker, bagi kalian yang ingin bergabung bersama kami di S1288poker,com kalian bisa langsung saja mendaftarkan diri kalian disini dan ajak teman kalian untuk bermaian di S1288poker,com dapat kan bonus juga bonus freechips setiap hari nya.
    Cukup dengan deposit Rp. 10.000,- saja kalian sudah dapat bergabung bersama kami dan nantikan bonus-bonus menarik dari kami dan juga permainan seru lainnya hanya di S1288poer,com Agen judi poker terbaik dan terpercaya. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete
  2. Jika kita memperhatikan sebuah pertandingan bola voli, maka pada setiap tim kita akan melihat seorang pemain yang menggunakan seragam.

    http://www.onlinesabungayam.net/

    ReplyDelete
  3. Silakan Kunjungi Artikel Bola :

    Prediksi Bola Real Madrid vs Betis 19 Mei 2019
    Prediksi Bola Eibar vs Barcelona 19 Mei 2019

    Dan dapat Hubungi Kontak Kami +62-8122-222-995

    ReplyDelete
  4. Jual Mesin Custom, Murah dan Berkualitas Inovasi Anak Negeri, Konsultasikan Kebutuhan Mesin Anda pada Toko Mesin kami. HUBUNGI: 0852-576-888-55
    Jual Mesin

    Jual Mesin Custom, Murah dan Berkualitas Inovasi Anak Negeri, Konsultasikan Kebutuhan Mesin Anda pada Toko Mesin kami. HUBUNGI: 0852-576-888-55
    Toko Mesin

    Mesin Susu Listrik (SULIS) atau Milk Electricity · Pasteurisasi Thermal Modern · Memperlama Daya Simpan Susu Kambing, Kedelai dan Sapi. HUBUNGI: 0852-576-888-55
    Susu Listrik

    ReplyDelete
  5. Agen Sportsbook Terbaik Saat ini..
    Winning303 Berikan Bonus
    Welcome 20%
    Bonus Deposit Harian 10%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus Referral Seumur Hidup

    Dapatkan Minimal Bet Parlay 5ribu Rupiah Saja....

    Proses Transaksi Cepat , Mudah dan Aman...
    Dapatkan Kemudahan Deposit Dengan Deposit via PULSA dan OVO

    Ayo Gabung Segera Dengan Kami...
    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  6. ayo bergabung dengan bolavita khusus new member lgsg di berikan 10% s128 sabung ayam
    tanpa ribet dan masih banyak bonus2 lain nya
    semua di berikan tanpa ribet pelayanan terbaik 24 jam
    depo wd secepat kilat ^^

    info lbh lanjut :
    whatup : +628122222995

    ReplyDelete
  7. https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/4826/ac-milan-vs-bologna-19-juli-2020

    yang akan diselenggarakan langsung tanpa penonton Stadio Giuseppe Meazza. Dalam pertemuan kedua tim di Liga Italia kali ini.

    Untuk mengetahui kelanjutan pada komentar ini kunjungi situs artikel nya langsung ya.
    Di artikel ini juga mempunyai Prediksi Sepakbola Online di berikan secara FREE.
    Ditunggu kedatangan anda di website Resmi https://hasilbola.vip

    ReplyDelete