Sunday, May 5, 2013

Puisi dan Pengertiannya

  • Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra singkat untuk menuangkan apa yan ada di pikirankita, apa yang ada di hati kita, dan apa yang ada di jiwa kita. Dikatakan singkat karenapuisi adalah bentuk karya sastra yang paling pendek jika dibandingkan cerpen atau novel.Jika kamu pengen penjelasan lebih lengkap tentang puisi, ini kami cantumkan artikelyang berasal dari om Wikipedia:"Puisi (dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create) adalah seni tertulisdi mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain artisemantiknya.Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meterdan rima adalah yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masihdiperdebatkan. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisitidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadisumber segala kreativitas.Baris-baris pada prosa dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag, dll). Hal tersebutmerupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi terkadangjuga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebutmungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memilikialasan untuk segala keanehan yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginanpenulis dalam menciptakan sebuah puisi."Bagaimana? Hampir sama kan penjelasannya? Gak ya? Ah yang penting bagaimanasebuah puisi bisa menjadi sebuah media yang dapat mewakili seluruh emosi kita. Apapundefinisi puisi, puisi adalah puisi. Selamat datang di dunia yang penuh keindahan,keunikan, dan kejujuran...Puisi.Puisi adalah karya tulis hasil perenungan seorang penyair atas suatu keadaan atauperistiwa yang diamati,dihayati,atau dialaminya.Cetusan ide yang berasal dari peristiwa atau keadaan itu dikemas oleh seorang penyairkedalam bahasa yang padat dan indah.Pembaca atau penikmatnya lalu merasakannyasebagai sebuah karya tulis yang mengandung keindahan dan pesan".Puisi dapat dinikmatimelalui membaca atau mendengarkannya.Dalam bagianini kalian berlatih mendengarkanpembaca puisi,kemudian mengungkapkan tema dan pesan yang dikandungnya.Kalian diharapkan dapat:
  • 2. 1. Menemukan daya tarik sebuah puisi 2. Menemukan pesan yang terkandung dalam puisi 3. Membuat ilustrasi(gambar)yang relevan dengan jiwa puisi • Menemukan daya tarik sebuah puisiPuisi akan menarik apabila sebuah puisi tersebut ditulis berdasarkan konsep atauperistiwa yang dialami oleh penulis atau orang yang ada disekitarpenulis(dimasyarakat).Sebuah puisi akan tertulis berdasarkan pengalaman yang takterlupakan dalam hidupnya DEFINISI PUISI sumber: http://forum.wgaul.com Samuel Taylor Coleridge Puisi adalah kata-kata terbaik dalam susunan terbaik. Edgar Allan Poe Puisi adalah adalah ciptaan tentang sesuatu keindahan dalam bentuk berirama. Citarasa adalah unsur yang diutamakan. Hubungan dengan budaya intelek atau dengan suara hati hanya merupakan hubungan yang selintas. Jika bukan secara kebetulan, ia tidak akan mengena langsung dengan fungsi utamanya atau dengan kebenaran. William Wordsworth Puisi adalah pengucapan yang imajinatif dari perasaan yang mendalam, biasanyaberirama. Pengucapan secara spontan tentang perasaan yang memuncak timbul dari daya ingatan ketika berada dalam keadaan tenang. Matthew Arnord Puisi adalah. kritikan tentang kehidupan menurut keadaan yang ditentukan olehkritikan untuk kritikan itu sendiri melalui beberapa peraturan tentang keindahan dan kebenaran yang puitis. Theodore Watts-Dunton Puisi adalah satu pengucapan yang konkrit dan artistik tentang pikiran manusia melalui penggunaan bahasa yang emosional dan berirama. Andrew BradleyPuisi adalah terdiri daripada rangkaian pengalaman tentang bunyi, image, pemikirandan emosi-yang kita alami sewaktu kita membacanya dengan cara sepuitis mungkin. Edwin Arlington Robinson Puisi adalah bahasa yang menyampaikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak dapat diperkirakan puisi itu benar atau sebaliknya. Auden Puisi lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-baur.
  • 3. Shelley Puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup kita (manusia). H. B. Jassin Puisi merupakan pengucapan dengan perasaan yang didalamnya mengandung pikiran-pikiran dan tanggapan-tanggapan Baha Zain Puisi tidak berbicara segalanya dan tidak kepada semua. Ia adalah pengucapan suatu fragmen pengalaman dari suatu keseluruhan seorang seniman. Muhammad Hj. Salleh Puisi adalah bentuk sastra yang kental dengan musik bahasa serta kebijaksanaanpenyair dan tradisinya. Dalam segala kekentalan itu, maka puisi setelah dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana. Shahnon AhmadPuisi adalah record dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan digubah dalam bentuk yang paling berkesan. Usman Awang Puisi bukanlah nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasandalam puisi yang ditulisnya. Tapi puisi ialah satu pernyataan sikap terhadap sesuatu atau salah satu atau keseluruhan kehidupan manusia. A. Samad Said Puisi pada hakikatnya adalah satu pernyataan perasaan dan pandangan hidup seorang penyair yang memandang sesuatu peristiwa alam dengan ketajaman perasaannya. Perasaan yang tajam inilah yang menggetar rasa hatinya, yang menimbulkan semacam gerak dalam daya rasanya. Lalu ketajaman tanggapan ini berpadu dengan sikap hidupnya mengalir melalui bahasa, menjadilah ia sebuah puisi, satu pengucapan seorang penyair. FUNGSI PUISI sumber: http://forum.wgaul.com Matthew Arnold Puisi merupakan keistimewaan tersendiri, ia memberikan sumbangan kepada perbendaharaan pengalaman atau pengetahuan manusia. AristotlePuisi yang bersifat tragis berupaya membersihkan kerohanian manusia melalui rasa simpati atau belas kasihan
  • 4. Maliere Puisi mampu membawa manusia ke arah jalan yang lurus disamping menggelikan hati. Shelley Puisi memperkuat organ moral manusia sama seperti pendidikan jasmani yang memperkuat urat-urat dalam badan, dan puisi juga bisa membawa kita untukmelihat apa yang kita tidak pernah kita lihat, untuk mendengar apa yang tak pernah kita dengar. Waldo Emerson Puisi mengajar sebanyak mungkin dengan kata-kata sedikit mungkin. Shahnon Ahmad Puisi adalah untuk menyemarakkan kesadaran. Umtuk memanusiakan kembali manusia itu, meninggikan budi pekerti, membentuk perwatakan dan juga membangkitkan semangat untuk bertindak. Usman Awang Puisi adalah untuk menimbulkan kesedaran atau keinsafan dalam diri dan hati.

No comments:

Post a Comment