Monday, November 5, 2018

PEWARISAN SIFAT-SIFAT PADA MANUSIA



Halo semua, kembali lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang Pewarisan Sifat Pada Manusia. Tak pakai lama langsung saja kita bahas.

1.    Warna Kulit
Warna kulit juga dikode oleh banyak gen. namun dapat kita sederhanakan menjadi tiga gen. misalnya tiga gen tersebut yaitu gen A,B,C yang mengode pembentukan pigmen kulit yaitu melamin sehingga kulit menjadi gelap. Variasi atau alternative gen lain pada kulit (alela) yaitu gen a,b,c. orang yang memiliki gen AABBCC akan memiliki kulit sangat gelap, sedangkan yang memiliki gen aabbcc akan memiliki kulit sangat terang. Orang yang memiliki gen AaBbCc akan memiliki kulit sawo matang ( tengah-tengah antara sangat gelap dan sangat cerah ). Selain akibat gen factor linkungan, factor lain seperti paparan sinar matahari juga berpengaruh pada fenotipe warna kulit.








2.    Bentuk Pertumbuhan Pada Dahi
Ada rambut yang tumbuh melingkar biasa atau tumbuh seperti huruf “V” atau yang dikenal dengan widow’s peak. Tumbuhnya rambut seperti huruf “V” dikontrol oleh gen W ( diambil dari widow’s peak ). Gen W ini bersifat dominan, orang yang memiliki pertumbuhan rambut  pada dahi memiliki gen  WW (homozigot dominan) atau gen Ww (heterozigot), sedangkan orang yang tidak memiliki pertumbuhan rambut seperti huruf “V” memiliki genotip homozigot resesif (ww).

                                                                  
3.    Tipe Perlengketan Pada Kuping Telinga
Seperti yang telah dipaparkan sebelum tupe perlengketan kuping telinga ini juga dikontrol oleh gen, yaitu gen G untuk kuping telinga terpisah atau terlepas dan gen g untuk kuping telinga melekat. Jadi, seseorang yang memiliki gen G (baik bergenotipe GG dan gg) akan memiliki  tipe perlengketan cuping relinga terpisah, sedangkan yang memiliki tipe perlengketan cuping melekat memiliki gen gg.

<head>
<script async src = "// pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> </ script>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []). push ({
          google_ad_client: "ca-pub-1731700723459413",
          enable_page_level_ads: true
     });
</ script>

4.     Bentuk Rambut
Bentuk rambut juga dikode oleh gen. ada dua versi gen yang mengndalikan tipe rambut, gen C (dominan) mengkode rambut keriting, dan gen s (resesif) mengkode rambut lurus. Bentuk rambut merupakan kasus yang menarik yang dikenal dominasi tidak sempurna. Artinya, jika kamu memiliki salah satu dari kedua jenis gen tersebut ( gen G dan gen s ), kamu akan mendapat campuran dari keduanya yaitu rambutmu akan menjadi berombak (Cs). Jadi, orang yang memiliki rambut keriting memiliki genotype CC, orang yang memiliki rambut berombak memiliki genotip Cs, dan yang memiliki rambut lurus memiliki genotype ss.


Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahn atau kata yang tidak pantas mohon diamaafkan. Sekian saja dan sampai jumpa.

1 comment:

  1. Salam untuk kalian para member setia S1288poker, bagi kalian yang ingin bergabung bersama kami di S1288poker,com kalian bisa langsung saja mendaftarkan diri kalian disini dan ajak teman kalian untuk bermaian di S1288poker,com dapat kan bonus juga bonus freechips setiap hari nya.
    Cukup dengan deposit Rp. 10.000,- saja kalian sudah dapat bergabung bersama kami dan nantikan bonus-bonus menarik dari kami dan juga permainan seru lainnya hanya di S1288poer,com Agen judi poker terbaik dan terpercaya. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete